Kuliah

Rabu, 05 Januari 2011

E - Business

 A.Pengertian
Bisnis adalah usaha untuk menyalurkan barang/jasa.
Electronic Business atau eBusiness atau
e-Business adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk mendukung semua aktivitas bisnis.
B. Latar Belakang
•Perkembangan teknologi
•Pertumbuhan pengguna internet
C. Pihak2 yang diuntungkan dari E commerce
Keuntungan bagi Perusahaan
• Memperpendek jarak
• Perluasan pasar
• Perluasan jaringan mitra bisnis
• Efisien
Keuntungan bagi Konsumen
• Efektif
• Aman secara fisik
• Fleksibel
Keuntungan bagi Masyarakat
• Mengurangi polusi
• Membuka peluang kerja baru
• Meningkatkan kualitas SDM
Kekurangan
• Individualisme
• Terkadang mengecewakan
• Tidak manusiawi
• Kategori
e-Business dibagi menjadi 3 kategori
o Internal Business System
• Customer Relationship Management
• Enterprise Resource Planning
• Document Management Systems
• Human Resources Management
o Enterprise Communication and Collaboration
• VoIP
• Content Management System
• e-Mail
• Voice mail
• Web conferencing
• Digital workflows (business process management)
o e-Commerce
• Internet shop
• Supply Chain Management
• Online Marketing
E commerce
Definisi E-Commerce yaitu proses pembelian dan penjualan jasa atau produk antara dua belah pihak melalui internet atau pertukaran dan distribusi informasi antar dua pihak di dalam satu perusahaan dengan menggunakan intranet
Amir Hartman (Net-Ready)
suatu jenis dari mekanisme bisnis secara elektronis yang memfokuskan diri pada transaksi bisnis berbasis individu dengan menggunakan internet sebagai medium pertukaran barang atau jasa baik antara dua buah institusi (B-to-B) maupun antar institusi dan konsumen langsung (B-to-C)
Karakteristik E-Commerce
1. Terjadinya transaksi antara dua belah pihak
2. Adanya pertukaran barang, jasa, atau informasi
3. Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme pertukaran tersebut.
4 relasi bisnis menurut Peter Fingar
1. Relasi dengan pemasok (Supplier)
2. Relasi dengan penyalur (Distributor)
3. Relasi dengan rekanan (Partner)
4. Relasi dengan konsumen (Customer)
3 jenis jaringan yang dibangun suatu perusahaan
• Intranet
• Internet
• Extranet
A.Internet
Internet merupakan jaringan komputer yang dapat menghubungkan perusahaan dengan domain publik, seperti individu, komunitas, institusi, dan organisasi.
• Intranet merupakan infrastruktur jaringan komputer yang menghubungkan semua sumber daya manusia, baik manajemen maupun staf dalam sebuah perusahaan. Sehingga mereka dapat saling berkomunikasi untuk menunjang aktivitas bisnis sehari-hari.
• Cocok untuk komunikasi, kolaborasi
B.Intranet
Intranet merupakan infrastruktur jaringan komputer yang menghubungkan semua sumber daya manusia, baik manajemen maupun staf dalam sebuah perusahaan. Sehingga mereka dapat saling berkomunikasi untuk menunjang aktivitas bisnis sehari-hari.
Cocok untuk komunikasi, kolaborasi
C.Extranet
Extranet merupakan infrastruktur jaringan yang menghubungkan perusahaan dengan para pemasok dan rekanan bisnisnya.
n Cocok untuk B-to-B
Payment System
Prinsip yang harus diperhatikan
n Authentication
n Pengecekan kebenaran pelaku transaksi
n Authorization
n Pengecekan keabsahan dan kemampuan konsumen untuk melakukan transaksi
n Assurance
n Konsumen yakin perusahaan e-Commerce benar-benar berkompeten untuk melakukan transaksi
Informasi yang diperlukan
n Cara pembayaran
n Data atau informasi pribadi yang melakukan transaksi
n Termin pembayaran, jika memperbolehkan pembayaran beberapa kali (cicilan)
Cara Pembayaran
n Transfer
n Kartu debit
n Kartu kredit
n Nama
n Nomor kartu
n Expire date
n Cek
n Nomor cek
n Bank penerbit
Informasi Pribadi
n Nama, alamat, nomor telepon, alamat penagihan, dll
n Jika dengan digital cash/electronic check
n Username dan password
Electronic Cash
n Solusi untuk menyimpan uang cash ke dalam software
n Dalam bentuk electronic file (biasa disebut token/kupon)
n Tidak boleh memperlihatkan ID dari token/kupon
n Dapat dipertukarkan langsung antara kedua belah pihak, tanpa adanya pihak bank diantaranya
Contoh: eCash dan DigiCash
n Terbentuk jaringan perusahaan yang dapat menerima eCash
n Pelanggan membuka rekening eCash di bank yang menerbitkan eCash
n Uang elektronik disimpan dalam bentuk token/kupon
n Token hanya digunakan untuk sekali pembayaran/transaksi satu arah, tidak bisa digunakan pada transaksi lain
n Penjual token membayar pada pihak terkait
Electronic Wallet (e-Wallet)
• Nilai cash disimpan dalam smart card
• bisa disimpan langsung atau dikonversi menjadi token
• Transaksi dilakukan menggunakan smart card reader
• Ketika terjadi transaksi, nilai cash di smart card dikurangi
• Contoh: EZ-card Singapur
Model Bisnis
n Inti dari business model adalah revenue stream
n Revenue stream tergantung skenario pengumpulan uang (cash in)
n Tradisional: hasil penjualan langsung ke konsumen
Model Bisnis Dunia Maya
n Penjualan produk/jasa
n Perusahaan menciptakan produk → pendapatan masuk ke kas perusahaan
n Pendapatan diperoleh berbanding lurus dengan total kuantitas penjualan
n Pembayaran online + offline
n Perusahaan menciptakan produk/jasa bersama-sama dengan perusahaan lain dan menjualnya di dunia maya
n Hasil penjualan dibagi sesuai kesepakatan (profit sharing)
n Prinsip: tanpa kerjasama mustahil produk/jasa dapat ditawarkan
n Pembayaran online dan offline
n Memanfaatkan halaman situs untuk tempat iklan
n Trafik tinggi
n Pembayaran konvensional (iklan di surat kabar) pay-per-click, pay-per-view
n Walaupun secara hukum masih diperdebatkan, customer database yang dihimpun bisa dijadikan sumber pendapatan
n Demografi
n Perilaku
n
Pihak-pihak yg terlibat
n Members, yang merupakan domain calon konsumen maupun pelanggan tetap perusahaan
n Content partners, yang merupakan domain perusahaan yang memasok berbagai informasi berharga (valuable contents)
n Merchants, yang merupakan domain pedagang, pemilik, atau pemasok produk/jasa yang ditawarkan
n Advertisers, yang merupakan domain entitas yang ingin memanfaatkan situs perusahaan sebagai sarana pemasaran
Pihak-pihak yang terkait
Pihak-pihak yang terkait
Variasi Model Bisnis
n Fee-based structure
n Pendapatan diperoleh karena jasa mempertemukan penjual (supply) dengan pembeli (demand)
n Membership model
n Pendapatan diperoleh secara berkala untuk produk/jasa yang ditawarkan
n Multi-level Marketing
n Pendapatan diperoleh dari kemampuan mengembangkan jaringan/struktur keanggotaan
(members-get-members)
n Dll …
Pemasaran di Internet
n 4 P
n Product
n Pricing
n Place (distribution)
n Promotion
n Personalization

Tidak ada komentar:

Posting Komentar